Langsung ke konten utama

Seleraku : 10 Playback Singer Bollywood Terfavorite

1. Udit Narayan
Lahir : 1 Desember 1955
Untuk penggemar film Bollywood pasti sangat familiar dengan suara merdu nan syahdu dari penyanyi satu ini karena memang Pak Udit Narayan termasuk playback singer yang paling sering dipakai untuk bernyanyi di film, terutama film yang dibintangi Shahrukh Khan. Saking seringnya bernyanyi untuk Shahrukh Khan, setiap kali mendengar suara Pak Udit maka tanpa sadar kita akan mengatakan kalau itu adalah suara Shahrukh Khan. Beberapa film Shahrukh Khan dimana Pak Udit menyumbangkan suaranya adalah Kuch Kuch Hota Hai, Koi Mil Gaya, Yeh Ladka Hai Deewana & Tujhe Yaad Na Meri Aayee (Kuch Kuch Hota Hai), Main Yahan Hoon, Aisa Des Hai Meera & Yeh Hum Aa Gaye Hai Kahan (Veer Zara), Ho Gaya Hai Tujko To Pyar Sajna & Ruk Ja O Dil Deewane (Dilwale Dulhaniya Le Jayenge).


2. Abhijeet Bhattacharya
Lahir : 30 Oktober 1958
Abhijeet adalah satu dari playback singer yang sering menyumbangkan suaranya dalam film yang dibintangi oleh Shahrukh Khan. Abhijeet dan Udit Narayan adalah dua penyanyi favorite Shahrukh Khan karena itu nggak mengherankan kalau dua penyanyi ini sering berkonstribusi dalam lagu - lagu di film sang Badshaah Of Bollywood. Kalau didengarkan baik - baik suara dari Abhijeet dan Udit hampir mirip, sama - sama merdu, syahdu dan sexy ala Shahrukh Khan. Lagu Abhijeet yang paling kusuka adalah Aur Kya, Iam The Best & Kuch To Bata (Phir Bi Dil Hai Hindustani), Su Nona Su Nona, Chalte Chalte & Tauba Tumhare Is Hare (Chalte Chalte), Raat Ka Naasa (Asoka) & Doom Tana (Om Shanty Om)


3. Sonu Nigham
Lahir : 30 Juli 1973
Salah satu playback singer yang paling laku dan laris. Hampir semua lagu yang dibawakan Sonu Nigham selalu menjadi hits, seperti Suraj Hua Madham, You Are My Soniya & Deewana Hai Dekho (Kabhi Kushi Kabhi Gham), Kabhi Alvida Na Kehna & Tumhi Dekho Na (Kabhi Alvida Na Kehna) & Kal Ho Naho (Kal Ho Na Ho)


4. K.K
Lahir : 23 Agustus 1970
Bila suara Udit Narayan & Abhijeet identik untuk sang King Khan maka penyanyi satu ini lebih mengingatkanku pada sosok Eemran Hashmi. Ada begitu banyak film yang dibintangi Eemran dimana lagu - lagunya dibawakan dengan sangat indah oleh K.K, seperti lagu Tuhi Meri Shab Hai (Gangster), Zara Sa & Haan Tu Hain (Jannat), Dil Ibadat & O Meri Jaan (Tum Mile) & Tujhko Joo Paya (Crook)


5. Shaan
Lahir : 30 September 1972
Tipe suara Shaan hampir mirip dengan penyanyi - penyanyi diatas, suaranya merdu dan serak serak sekseh manja yang sanggup membuat hati perempuan klepek - klepek mendengarnya. Lagu Shaan yang menjadi favoriteku, diantaranya Hey Shona (Tararumpum), Kyoon (Kambakkh Ishq), Chand Sifarish (Fanaa) dan Kuch To Hua Hai (Kal Ho Naho)


6. Shreya Goshal
Lahir : 12 Maret 1984
Salah satu playback singer wanita yang menjadi favoriteku. Suara Shreya benar – benar sangat merdu, klasik, lembut dan melengking sehingga sangat cocok dengan lagu – lagu mellow dan romantis. Beberapa lagu Shreya yang membuatku terbuai setengah mati dengan kelembutan suaranya, seperti Bahara (I Hate Luv Story), Mausam (Kidnap), Sun Raha Hai (Aashiqui 2), Tujh Mein Rab Dikhta Hai (Rab Ne Bana Di Jodi) dan Teri Meri (Bodyguard). Shreya bahkan dijuluki sebagai “The Queen Of Melody” setelah Alka Yagnik dan Lata Mangeshkar. Bisa dikatakan, saat ini adalah era dari Shreya Goshal karena suaranya bisa ditemukan dengan begitu mudahnya di tiap film Bollywood yang ada.


7. Sunidhi Chauhan
Lahir : 14 Agustus 1983
Ketika aku mendengarkan suara dari para playback singer ini terkadang aku merasa susah untuk membedakan suara mereka karena suara mereka yang nyaris sama. Tapi, berbeda dengan Sunidhi Chauhan. Sunidhi memiliki tipe suara yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan Shreya Goshal atau playback singer lainnya, sehingga sedikit lebih mudah mengenali suara Sunidhi. Suara Sunidhi sedikit bercita rasa pop dan agak berat sehingga Sunidhi lebih cocok membawakan lagu – lagu bertempo cepat dan ngebeat, seperti Shut Up & Bounce (Dostana), Marjaani (Billu Barber),  Dance Pe Dance (Rab Ne Bana Di Jodi), Dhadak Dhadak (Bunty Aur Babli) atau Khasmir Main Tu (Chennai Express). Meskipun kebanyakan lagu yang dibawakan Sunidhi bergenre ceria, bukan berarti Sunidhi nggak cocok bernyanyi di lagu mellow nan romantis. Pernah dengar lagu ‘Hey Shona’-nya Rani Mukerji dan Saif Ali Khan atau ‘Mere Haaith Main’-nya Kajol dan Amir Khan? Bukankah kedua lagu itu terdengar begitu romantis dan syahdu? Meskipun begitu, aku pribadi jauh lebih suka kalau Sunidhi membawakan lagu – lagu ngebeat yang ceria daripada lagu mellow. Lagu bertempo cepat dan sexy benar – benar seperti mewakili karakter suara Sunidhi dan aku suka itu.


8. Alka Yagnik
Lahir : 20 Maret 1966
Kalau bicara tentang penyanyi senior spesialis lagu romance ini, mau nggak mau, aku pasti akan langsung teringat Udit Narayan dan film Kuch Kuch Hota Hai. Ya, Alka dan Udit-lah yang menjadi sosok penting dibalik merdunya lagu Kuch – Kuch Hota Hai dan  Koi Mil Gaya. Alka Yagnik juga salah satu Playback Singer yang paling sering menjadi penyanyi di film – film Bollywood yang dibintangi Kajol dan Rani Mukerji sehingga terkadang, suara Alka pasti akan mengantarkan bayanganku kepada kedua aktris yang ternyata bersepupu itu. Alka Yagnik banyak menyumbangkan suara merdunya di film dua aktris tersebut, terutama dalam film yang dibintangi Rani seperti Tauba Tum Hare Ishare (Chalte – Chalte), Kabhi Alvida Na Kehna & Tumhi Dekho Na (Kabhi Alvida Na Kehna), Ladki Kyon, Gore Gore & Hum Tum (Hum Tum) juga Dekhne Walon Ne, Deewana Hai Yeh Man & Chori Chori Chupke Chupke (Chori Chori Chupke Chupke).


9. Mahalaxmi Iyer
Dibandingkan 3 Playback Singer diatas, aku kurang tahu dengan penyanyi satu ini. Aku hanya tahu 3 lagu dari Mahalaxmi Iyer yang sampai sekarang masih sering kudengar, yakni Chup Chup Ke (Bunty Aur Babli), Sadka Hua (I Hate Luv Story) dan Har Taraf Tuhi (Rishtey). Terkadang aku mendengar suara dari Mahalaxmi seperti perpaduan antara suara Alka Yagnik dan Shreya Goshal.


10. Palak Muchchal
Lahir : 30 Maret 1992
Wow, aku sama sekali nggak menyangka kalau penyanyi ‘Chahun Main Ya Naa & Main Aashiqui’ (Asshiqui 2) ini masih berusia sangat muda. Aku mulai menyukai Palak ketika mendengar suaranya di film Aashiqui 2. Lembut, merdu dan melengking, seperti halnya suara Shreya Goshal. Aku bahkan sempat mengira kalau yang menyanyi dikedua lagu itu adalah Shreya karena suara mereka benar – benar terdengar sangat mirip. Sejauh ini, hanya ada 3 lagu yang kusuka dari Palak, seperti Chahun Main Ya Naa, Mein Aashiqui dan Laapata (Ek Tha Tiger).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seleraku : 5 Artis Bollywood Dengan Mata Terindah

1. Aishwarya Rai Bachchan Aku selalu bertanya - tanya bagaimana bisa Aish memiliki bola mata berwarna hijau seperti itu mengingat Aish berdarah India asli? Benar - benar asli India dan bukan blasteran, tapi, lihat matanya. Berwarna Emerald dan itu bukan karena Aish memakai softlens. Aish benar - benar memiliki mata dengan warna yang sangat cantik dan indah. 2. Hrithik Roshan Bisa dibilang Hrithik ini Aishwarya versi pria karena sama - sama memiliki bola mata berwarna kehijauan. Mata Hrithik terlihat indah dan berkilau. Apalagi kalau matanya dishoot dari dekat. Wuiiiiih, aku yang ngelihat jadi klepek - klepek. Ternyata didunia bisa ada mata semacam karakter anime begitu, ya? 3. Rani Mukherji Aku heran, kenapa mata seorang Rani Mukherji bisa secerah itu? Matanya bening banget dan terlihat teduh sekaligus menenangkan. Tanpa harus memakai softlens, mata Rani sudah terlihat begitu indah dan mempesona. 4. Deepika Padukone Entah kenapa, aku merasa tatapan

Seleraku : 10 Film Terbaik Rani Mukerji

1. Kuch - Kuch Hota Hai Walaupun di film ini Rani hanya menjadi Supporting Actress, tapi, film inilah yang mampu mengangkat nama seorang Rani Mukerji menjadi seorang actress papan atas. Bahkan Rani berhasil meraih penghargaan Best Supporting Actress. Karakter Tina begitu melekat di ingatan penggemar film Bollywood. Bahkan yang membuatku menyukai seorang Rani Mukerji, ya, karena perannya sebagai Tina Malhotra yang cantik dan feminine. Pada kenyataannya Kuch - Kuch Hota Hai adalah satu satu film Rani yang paling sukses dan nggak lekang oleh waktu. Sampai sekarang saja, TV swasta kita masih sering memutar film yang bercerita tentang persahabatan Rahul dan Anjali ini. Saking seringnya, jalan ceritanya mungkin sudah kita hafal di luar kepala. Lagu - lagunyapun masih sangat enak didengarkan, nggak kalah dengan lagu dari film Bollywood terbaru. Pokoknya film satu ini adalah film wajib yang harus ditonton bagi penggemar film Bollywood. Jangan ngaku sebagai penggemar Shahrukh, Kajol dan R

Seleraku : 10 Lagu K-Pop Bertema Fantasy Dreamy Terfavorite

1. IU - You And I Melihat Music Video dan mendengar lagu IU satu ini benar - benar bisa membawaku ke dalam dunia khayalan. Story line-nya 'fantasy' banget ala - ala Sleeping Beauty. Tapi, bedanya yang tertidur adalah cowok cute dan unyu - unyu, bukan si Putri Cantik. Sumpah, Lee Hyun Woo di sini imut banget. Jadi pengen cubit - cubit pipinya, dech. Cocok banget dipasangkan dengan IU yang juga super cute. Awal nemu Music Videonya, aku sampai mutar berulang kali saking suka dengan story linenya. Entah karena apa, Lee Hyun Woo bisa sampai tertidur, koma atau mati suri. Yang jelas Hyun Woo nggak sadarkan diri dan IU tetap setia menanti Hyun Woo terbangun lagi bersama dengan si bebek pakai syal # Lucu banget, dech, itu bebek. Setelah sekian lama, IU mulai putus asa karena Hyun Woo nggak juga membuka mata hingga akhirnya IU memilih pergi dengan memakai mesin waktu bersama si bebek dengan harapan Hyun Woo akan kembali tersadar secepatnya. Yah, meskipun konsekuensinya mereka berdua