Langsung ke konten utama

Renungan Untukku : Kesendirian

Sendiri. Apa yang kau rasakan saat harus berada seorang diri dalam jangka waktu yang lama???  Bisa dipastikan rasa sepi akan datang menyelusup ke dalam hati. Rasa sepi yang terkadang membuat waktu berjalan begitu lambat. Di saat seperti itu, mungkin kita akan segera mencari seseorang untuk sekedar membantu kita membunuh rasa sepi tersebut. 

Beberapa dari kita membenci sesuatu yang bernama kesendirian. Yap, memangnya siapa yang ingin menghabiskan waktunya seorang diri. Sebagai manusia, tentu kita membutuhkan teman dan keluarga agar bisa mengusir rasa sepi. Tapi, tahukah kau bahwa akan ada saatnya bagi kita berada dalam kesendirian. Kesendirian paling mengerikan yang akan kita rasakan. Percayalah padaku, tak akan ada satupun dari kita yang bisa lari darinya. Kita semua pasti akan merasakannya, cepat atau lambat. 

Tahukah kau kesendirian seperti apa yang ku maksud? Ya, kesendirian yang paling mengerikan itu adalah kesendirian saat kita berada di dalam kubur. Tak ada seorangpun disana. Tidak ada. Kita hanya akan seorang diri berada di tempat sempit yang menyedihkan. Entah bagaimana rasanya menjalani malam pertama di alam kubur seorang diri? Tanpa penerangan dan tanpa kawan. Hanya ada kita dan mungkin sedikit amal baik yang tak sebanding dengan perbuatan buruk yang sudah kita lakukan. Kita hanya bisa berharap amal yang tak seberapa itu bisa menjadi pelita di kubur yang gelap gulita. Berharap amal itu bisa menjadi teman saat kita harus menjawab pertanyaan Malaikat Mungkar dan Nakir.

Akankah kita bisa bertahan dalam kesendirian yang tak tahu kapan akan berakhir? Bahkan jasad kita saja tak sanggup bertahan. Sedikit demi sedikit habis digerogoti cacing dan lebur bersama tanah. Tapi, kesendirian itu tetap tak berakhir. Waktu berjalan begitu lambat. Sangat lambat. Kita terus bertanya - tanya, kapan sangkakala akan berbunyi agar kita bisa secepatnya keluar dari tempat menyedihkan itu? Terus berharap Malaikat Israfil segera meniup terompetnya. Tapi, tidak. Sangkakala belum juga berbunyi. Kita masih harus berkutat dengan rasa sepi yang tak kunjung usai. Dan aku berani bertaruh, kesendirian di alam kubur jauh lebih mencekam daripada kesendirian saat jodoh tak kunjung datang. 

Kita tahu, kita tidak memiliki apapun saat berada disana selain kain kafan yang melekat, tapi, entah kenapa kita dengan bodohnya tetap tidak melakukan apapun untuk mencari bekal??? Kita diam seolah - olah kita mampu berada seorang diri di dalam perut bumi. Seorang diri dimana tak ada seorang pun yang bisa memberikan kita penghiburan dan pertolongan. Tak ada ayah, ibu dan kekasih tercinta yang akan menemani. Kita terbujur seorang diri. 

Ingat! Hanya kita dan Tuhan. Itu pun bila Tuhan tidak meninggalkan kita mengingat begitu banyak dosa yang telah kita lakukan. Ya, kita hanya bisa berharap Tuhan tetap memandang kita dan tak palingkan wajahNya dari kita seperti kita yang selalu palingkan wajah kita dariNya. Berharap Tuhan tidak indahkan jeritan kita seperti saat kita menulikan pendengaran kita akan panggilanNya. Hanya Tuhan satu - satunya pengharapan kita saat kita berada di dalam kubur. Karena tanpaNya, kita akan benar  - benar merasakan kesendirian yang begitu menyedihkan sekaligus mengerikan. Kesendirian dimana tak ada penghibur, pelindung dan penerang. 

Berdoalah, agar Tuhan tidak membiarkan kita seorang diri saat menghadapi MalaikatNya yang menghujani kita dengan pertanyaan. Berharaplah, agar Tuhan memberi kita teman yang bisa melindungi kita saat 99 ekor ular yang masing - masing berkepala 7 datang berkunjung menemui kita. Kita hanya bisa berharap, semoga tempat peristirahatan terakhir kita nanti bukan berada di tepi neraka dan kita termasuk orang - orang beruntung yang kuburnya dilapangkan. Aamiin. . .

_Cherry Sakura_

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seleraku : 5 Artis Bollywood Dengan Mata Terindah

1. Aishwarya Rai Bachchan Aku selalu bertanya - tanya bagaimana bisa Aish memiliki bola mata berwarna hijau seperti itu mengingat Aish berdarah India asli? Benar - benar asli India dan bukan blasteran, tapi, lihat matanya. Berwarna Emerald dan itu bukan karena Aish memakai softlens. Aish benar - benar memiliki mata dengan warna yang sangat cantik dan indah. 2. Hrithik Roshan Bisa dibilang Hrithik ini Aishwarya versi pria karena sama - sama memiliki bola mata berwarna kehijauan. Mata Hrithik terlihat indah dan berkilau. Apalagi kalau matanya dishoot dari dekat. Wuiiiiih, aku yang ngelihat jadi klepek - klepek. Ternyata didunia bisa ada mata semacam karakter anime begitu, ya? 3. Rani Mukherji Aku heran, kenapa mata seorang Rani Mukherji bisa secerah itu? Matanya bening banget dan terlihat teduh sekaligus menenangkan. Tanpa harus memakai softlens, mata Rani sudah terlihat begitu indah dan mempesona. 4. Deepika Padukone Entah kenapa, aku merasa tatapan

Seleraku : 10 Film Terbaik Rani Mukerji

1. Kuch - Kuch Hota Hai Walaupun di film ini Rani hanya menjadi Supporting Actress, tapi, film inilah yang mampu mengangkat nama seorang Rani Mukerji menjadi seorang actress papan atas. Bahkan Rani berhasil meraih penghargaan Best Supporting Actress. Karakter Tina begitu melekat di ingatan penggemar film Bollywood. Bahkan yang membuatku menyukai seorang Rani Mukerji, ya, karena perannya sebagai Tina Malhotra yang cantik dan feminine. Pada kenyataannya Kuch - Kuch Hota Hai adalah satu satu film Rani yang paling sukses dan nggak lekang oleh waktu. Sampai sekarang saja, TV swasta kita masih sering memutar film yang bercerita tentang persahabatan Rahul dan Anjali ini. Saking seringnya, jalan ceritanya mungkin sudah kita hafal di luar kepala. Lagu - lagunyapun masih sangat enak didengarkan, nggak kalah dengan lagu dari film Bollywood terbaru. Pokoknya film satu ini adalah film wajib yang harus ditonton bagi penggemar film Bollywood. Jangan ngaku sebagai penggemar Shahrukh, Kajol dan R

Seleraku : 10 Lagu K-Pop Bertema Fantasy Dreamy Terfavorite

1. IU - You And I Melihat Music Video dan mendengar lagu IU satu ini benar - benar bisa membawaku ke dalam dunia khayalan. Story line-nya 'fantasy' banget ala - ala Sleeping Beauty. Tapi, bedanya yang tertidur adalah cowok cute dan unyu - unyu, bukan si Putri Cantik. Sumpah, Lee Hyun Woo di sini imut banget. Jadi pengen cubit - cubit pipinya, dech. Cocok banget dipasangkan dengan IU yang juga super cute. Awal nemu Music Videonya, aku sampai mutar berulang kali saking suka dengan story linenya. Entah karena apa, Lee Hyun Woo bisa sampai tertidur, koma atau mati suri. Yang jelas Hyun Woo nggak sadarkan diri dan IU tetap setia menanti Hyun Woo terbangun lagi bersama dengan si bebek pakai syal # Lucu banget, dech, itu bebek. Setelah sekian lama, IU mulai putus asa karena Hyun Woo nggak juga membuka mata hingga akhirnya IU memilih pergi dengan memakai mesin waktu bersama si bebek dengan harapan Hyun Woo akan kembali tersadar secepatnya. Yah, meskipun konsekuensinya mereka berdua