Langsung ke konten utama

TENTANG BOLLYWOOD Part 1

Pertama kali mengikuti film Bollywood sewaktu aku masih bocah ingusan  dan sampai sekarang, meskipun KDrama dan KPop merajalela, yang namanya Film Bollywood masih saja menempati tempat yang istimewa. Waktu masih jaman SD, yang namanya Film Bollywood hampir bisa ditemui di hampir semua Channel TV mulai dari pagi, siang sampai malam. Bahkan meskipun Anime Jepang, Drama Taiwan, Drama Korea dan Kpop silih berganti merajai pertelevisian dan menjadi tren, Bollywood masih bisa mempertahankan posisinya. Sampai sekarang pun, aku masih menggandrungi film - film asal Negeri Seribu Tuhan ini. Dan ini beberapa hal yang kusimpulkan setelah selama bertahun - tahun menonton film Bollywood.

1. Film terbaik Shahrukh Khan adalah film - film era 2000-an



Sampai di tahun 2018 ini, sang Raja Bollywood Shahrukh Khan masih produktif dalam dunia perfilman Bollywood meskipun memang frekuensinya tidak sesering dulu. Paling tidak dalam setahun pasti ada satu film baru King Khan yang release. Tapi, entah kenapa jika dibandingkan dengan film King Khan di era 2000-an, film - film terbaru King Khan menurutku agak kurang menggigit, mulai dari 'Fan', 'Dilwale' sampai 'Raees'. Untuk Sinematografi, ku akui 'Dilwale' sangat luar biasa. Semua yang ada di film itu terlihat sangat 'wah' dan 'mewah', tapi, bagiku jalan ceritanya justru kurang meninggalkan bekas. Dibandingkan dengan film 'Dilwale' itu sendiri, aku justru lebih ingat dengan lagu 'Gerua'. Bagiku, lagu 'Gerua' lebih memorable dan wow daripada ketika aku harus menonton ulang film 'Dilwale'.

Kenyataan itu justru berbanding terbalik dengan film Shahrukh Khan di era 2000-an. Di tahun itu film Shahrukh Khan yang release benar - benar luar biasa dan sulit untuk dilupakan. Bahkan sampai sekarang, aku tidak akan menolak untuk menonton ulang film - film tersebut. Sebut saja 'Kabhi Kushi Kabhi Gham, Kal Ho Na Ho, Main Hoon Na, Dev Das, Mohabbatein dan Veer Zaara'. Aku masih ingat dengan jelas alur film - film tersebut, tapi, aku tak pernah keberatan jika harus kembali menonton film - film tersebut berulang kali. 


2. Lagu - lagu paling memorable juga masih berasal dari film era 2000-an.
Entah karena aku termasuk generasi jadul atau memang lagu untuk film era sekarang seperti kurang rasa. Menurutku film - film era 2000-an selain memiliki jalan cerita yang menarik, lagu - lagunya pun sangat memorable. Susah sekali untuk dilupakan. Bahkan meskipun sekarang ada begitu banyak film baru dengan lagu - lagu yang seharusnya masih 'segar', lagu - lagu era 2000-an masih belum kehilangan pesonanya. Ibarat makanan, lagu - lagu tersebut cita rasanya masih gurih dan belum basi. Di tahun 2018 ini, aku masih suka - suka saja mendengar lagu - lagu jadul tersebut. Dan hampir semua lagu yang berasal dari film tahun 2000-an tergolong sangat bagus, syahdu dan adiktif. 'Chalte - Chalte, Kabhi Kushi Kabhi Gham, Kal Ho Na Ho, Mujhse Dosti Karoge dan Mohabbatein', semua lagu yang ada di film itu benar - benar patut diacungi jempol.


3. Aktris paling terkenal dan mendominasi di era 90-an di antaranya adalah Madhuri Dixit, Juhi Chawla dan Karisma Kapoor
Maduri Dixit

Juhi Chawla

Karisma Kapoor

Ketiga aktris ini merupakan ratu yang paling mendominasi di tahun 90-an (termasuk Sri Devi). Di era itu, Madhuri Dixit dan Juhi Chawla bisa dianggap sebagai aktris yang menjadi jodoh Shahrukh Khan karena sering sekali berpasangan dengan Shahrukh Khan di film sedangkan untuk Karisma Kapoor sendiri lebih sering menjadi pasangan Salman Khan. Setelah memasuki tahun 2000-an, ketiga aktris ini mulai vakum dan menarik diri dari ranah hiburan Bollywood. Di tahun 2000-an Madhuri Dixit sendiri pernah kembali aktif di ranah hiburan Bollywood meski pun memang tidak seproduktif ketika masih di tahun 90-an. Salah satu Film Madhuri Dixit yang paling terkenal di era 2000-an adalah 'Dev Das' yang juga dibintangi Shahrukh Khan dan Aishwarya Rai. 


4. Aktris paling terkenal dan mendominasi di era 2000-an adalah Rani Mukerji, Preity Zinta dan Kareena Kapoor
Rani Mukerji 

Preity Zinta 

Kareena Kapoor

Memasuki tahun 2000, popularitas dan posisi Ratu mulai berpindah tangan. Di tahun 2000-an, perfilman Bollywood lebih didominasi 3 aktris dengan tipe kecantikan dan karakteristik yang berbeda yakni Rani Mukerji yang anggun dengan kecantikan khas wanita India, Preity Zinta yang cantik bak boneka dan si sexy Kareena Kapoor yang layaknya diva. Di tahun 2000-an sangat mudah menemukan wajah ketiganya di film - film Bollywood. Bahkan Rani dan Kareena dalam setahun bisa mengeluarkan lebih dari 3  judul film baru. Tapi, dari mereka bertiga, hanya Kareena Kapoor yang sampai sekarang masih tetap aktif dan produktif di Bollywood.


5. Aktris paling terkenal dan mendominasi di tahun 2009 ke atas adalah Deepika Padukone, Katrina Kaif dan Anushka Sharma
Deepika Padukone 

Katrina Kaif 

Anuskha Sharma

Di era sekarang, posisi Ratu dipegang oleh ketiga aktris ini. Meskipun sekarang ada begitu banyak aktris pendatang baru yang cantik, tapi, Deepika, Katrina dan Anuskhalah yang menurutku paling menonjol. Bisa dikatakan mereka bertiga adalah pencetak Box Office untuk tiap film yang mereka bintangi dan tentu saja ketiganya termasuk jajaran aktris papan atas dengan bayaran termahal. 


6. Aktor Senior masih mendominasi perfilman Bollywood
Aamir Khan

Salman Khan

Shahrukh Khan

Berbeda dengan para aktris senior Bollywood, sang aktor senior justru masih mendominasi di industri perfilman Bollywood. Posisi sang aktor senior masih belum tergoyahkan meskipun saat ini para aktor pendatang yang tampan dan muda banyak bermunculan. Shahrukh Khan, Salman Khan, Aamir Khan, Saif Ali Khan, Hrithik Roshan dan Akhsay Kumar masih tetap meraja sampai sekarang. Para aktor yang sudah tidak muda ini masih menjanjikan untuk menjadi tokoh utama dalam film.


7. Kabhi Alvida Na Kehna  merupakan salah satu film Bollywood dengan sinematografi terbaik


Jujur, aku kurang suka dengan film ini karena temanya tentang perselingkuhan dan aku selalu mengomel setiap kali menonton film ini. Tapi, tidak bisa ku pungkiri kalau film yang release tahun 2006 ini merupakan salah satu film Bollywood dengan sinematografi terbaik. Pemandangan film ini disajikan dengan sangat cantik. Semua yang ada di film ini sangat indah. Tidak hanya sebatas di dalam lagu, bahkan setiap scene dan semua sudut pengambilan gambar yang ada di film ini diambil dengan begitu cantik, sempurna dan detail. Jangankan latar dan pemandangan, outfit yang digunakan aktor dan aktrisnya saja terlihat begitu sempurna. Warna yang ada di film ini terlihat begitu hidup. Selain itu, ekspresi para aktor dan aktris yang bermain terlihat begitu nyata. Salah satu yang paling kusukai di film ini adalah ekspresi sedih dan menangis Rani dan Abbiseck.


8. Aktris spesialis film Action - Romance, salah satunya adalah Katrina Kaif
Mantan kekasih dari Ranbir Kapoor ini entah kenapa lebih sering membintangi film Bollywood bergenre action romance dan menurutku Katrina bisa menjadi salah satu aktris Bollywood spesialis genre action romance. Katrina tidak hanya sekali dua kali bermain dalam film laga. Sebut saja film 'Ek Ta Tiger, New York, Bang Bang, Phantom, Dhoom 3 dan Tiger Zinda Hai.' 


9. Deepika Padukone, aktris spesialis film sejarah - epik - tradisional
Berbeda dengan Katrina Kaif, Deepika Padukone justru jauh lebih sering dan cocok bermain di film bertema tradisional dan sejarah. Deepika benar - benar terlihat sangat cocok saat mengenakan pakaian tradisional. Selain visual Deepika yang sangat khas 'India', kemampuan menari Deepika juga jauh lebih luwes dan gemulai dibandingkan aktris Bollywood lain. Di antara aktris Bollywood kebanyakan, menurutku Deepika yang paling cocok ketika menarikan tarian tradisional. Aku benar - benar tidak heran ketika melihat Deepika lebih sering membintangi film bertema tradisional, seperti Om Shanty Om, Ram Leela, Chennai Express, Bajirao Mastani dan yang terbaru Padmavati.


10. Rani Mukerji selalu mengenakan saree - saree yang cantik dan anggun


Setiap kali Rani Mukerji bermain dalam satu film atau sekedar menjadi cameo dalam sebuah lagu, aku selalu salfok dengan saree - saree yang digunakan oleh Rani Mukerji. Saree - saree yang digunakan Rani tidak hanya sekedar sexy, tapi, juga terlihat cantik dan anggun. Aku sering sekali melihat saree yang terlihat sangat sexy, tapi, sayangnya tidak cantik sama sekali. Berbeda dengan saree - saree yang digunakan Rani. Bahkan saree yang digunakan Rani saat menjadi bintang tamu di lagu 'Deewangi Deewangi' dalam film Om Shanty Om dan 'Mahi Ve' dalam film 'Kal Ho Na Ho' terlihat sangat anggun.


11. Aktris Bollywood paling Hot : Bipasha Basu, Esha Gupta, Priyanka Chopra & Kareena Kapoor
Esha Ghupta

Bipasha Basu 

Priyanka Chopra

Kareena Kapoor 

Di Bollywood ada begitu banyak aktris yang cantik dan sexy, tapi, menurutku tidak ada yang bisa mengalahkan aura sexy keempat aktris ini. Bahkan ketika mereka mengenakan pakaian tradisional sekalipun, mereka bertiga tetap bisa terlihat sensual. Itulah kenapa kadang aku merasa aneh dan kurang sregh ketika melihat Kareena berperan sebagai perempuan biasa atau miskin karena aura diva dan sexy seorang Kareena Kapoor benar - benar terpancar dengan sangat kuat.


12. Aktor Bollywood paling hot : Jhon Abraham, Imran Hashmi, Akhsay Kumar dan Hrithik Roshan
Jhon Abraham

Eemran Hashmi

Akhsay Kumar

Hrithik Roshan

Entah kenapa yang namanya aktor Bollywood semakin tua pesonanya malah makin kuat. Bukannya terlihat jelek, mereka justru terlihat semakin berkarisma. Dan dari sekian banyak aktor Bollywood, yang terlihat paling hot adalah keempat aktor ini. Dari jaman Akhsay Kumar masih muda, aku selalu melihat sosok Akhsay Kumar seperti seorang Cassanova. Sorot mata Akhsay Kumar yang tajam sering kali terlihat nakal. Begitu juga ketika melihat sosok Jhon Abraham. Penampakan Jhon dan Hrithik Roshan dengan abs dan tubuh atletisnya benar - benar sexy. Berbeda dengan ketiga aktor tersebut, sosok Eemran Hashmi justru terlihat lebih cute, terutama di era 'Tum Mile, Jannat dan Crook'. Tapi, entah kenapa wajah cute Eemran Hashmi  justru terkesan nakal. Dan setelah ku perhatikan kebanyakan film - film Eemran Hashmi memang agak erotis.


13. Aktris dengan senyuman yang khas dan indah : Rani Mukerje, Deepika Padukone, Sonam Kapoor dan Anuskha Sharma
Deepika Padukone

Anuskha Sharma 

Sonam Kapoor

Rani Mukerji

Aku sangat - sangat menyukai senyuman keempat aktris ini. Senyuman mereka terlihat sangat khas. Deepika memiliki senyum yang sangat indah lengkap dengan lesung pipinya. Anushka Sharma memiliki senyum lebar yang terlihat ceria. Begitu juga dengan senyum Sonam Kapoor. Senyum Sonam terlihat hangat dan ceria. Sedangkan untuk Rani sendiri memiliki senyuman yang terlihat anggun dan teduh.


14. Aktris dengan kemampuan menari paling indah : Aishwarya Rai, Deepika Padukone, Madhuri Dixit dan Rani Mukerji
Deepika Padukone

Aishwarya Rai

Setiap aktris Bollywood memang diharuskan bisa menari dan diantara sekian banyaknya aktris Bollywood, aku selalu jatuh cinta ketika melihat Aishwarya, Madhuri, Rani dan Deepika ketika sedang menari. Menurutku ke empat aktris ini sangat cocok ketika menarikan tarian tradisional. Gerakan mereka terlihat sangat luwes dan indah.


15. Shahrukh Khan dengan penampilan / visual terbaik terdapat dalam film Kal Ho Na Ho, Main Hoon Na dan Kabhi Kushi Kabhi Gham


Shahrukh Khan sudah bermain dalam banyak film, tapi, menurutku penampilan terbaik Shahrukh Khan ada dalam film Kal Ho Na Ho, Kabhi Kushi Kabhi Gham dan Main Hoon Na. Shahrukh Khan terlihat sangat tampan dan gagah ketika bermain di ketiga film tersebut.


16. Aktris Bollywood dengan mata terindah adalah Karisma Kapoor, Aishwarya Rai, Deepika Padukone dan Rani Mukerji



Selain dikenal memiliki rambut yang indah, wanita India juga terkenal dengan bola matanya yang cantik dan bulat. Ada begitu banyak aktris Bollywood bermata indah bak boneka, tapi, jika harus memilih maka aku memilih Karisma Kapoor, Aishwarya Rai, Deepika Padukone dan Rani Mukerji sebagai pemilik mata terindah. Coba lihat bagaimana cantiknya mata seorang Karisma Kapoor dan Aishwarya Rai. Keduanya memiliki warna mata kehijauan yang sangat indah. Sedangkan pada sosok Deepika, matanya terlihat seperti mata seekor kucing anggora yang terlihat tajam dan cantik. Sedangkan Rani memiliki bola mata berwarna coklat yang begitu jernih dan terang.


17. Kajol merupakan salah satu aktris yang paling pintar memilih film.


Di tahun 90-an, istri dari Ajay Devgan ini memang aktif dan produktif membintangi film, tapi, memasuki era 2000-an, Kajol mulai jarang terlihat membintangi sebuah film dan bahkan vakum dari ranah hiburan Bollywood selama beberapa tahun. Kajol vakum dari dunia hiburan Bollywood bukan semata - mata karena sudah tidak laku lagi di industri perfilman Bollywood melainkan karena ingin fokus membesarkan buah hatinya. Meskipun sempat vakum, tapi, Kajol tetap tidak kehilangan nama besarnya. Bak seorang ratu, Kajol tetap berada di atas angin. Meski hanya dengan satu film, Kajol bisa mempertahankan posisinya sebagai salah satu aktris terbaik yang dimiliki Bollywood. Kajol sangat jeli ketika memilih sebuah film. Film - film yang dibintangi Kajol kebanyakan selalu BoX Office dan sukses mengantarkan Kajol menjadi Aktris Terbaik Penghargaan Film Fare. Sebut saja 'Dilwale Dul Haniya Le Jayenge, Kuch Kuch Hota Hai, Kabhi Kushi Kabhi Gham, Fanaa dan My Name Is Khan'.

18. Amir Khan adalah Aktor paling perfectionis, selektif dan tidak takut bereksperimen dalam film.


Di antara para Aktor Bollywood kebanyakan, menurutku Amir Khanlah yang paling perfectionis dan berani mencoba hal - hal yang baru. Amir Khan tergolong selektif dalam memilih sebuah film dan menggemari peran - peran yang menantang. Amir berani keluar dari zona nyaman dan aman. Jika diperhatikan, film yang dibintangi Amir tidak hanya sebatas film - film romance yang hanya mengagungkan cinta. Ada banyak film Amir yang penuh inspirasi dan memiliki nilai moral yang baik untuk tidak mudah menyerah dan terus berjuang meraih mimpi, sebut saja 'Lagaan, Taare Zameen Par, 3 Idiots dan Dangal'. Bahkan film 'PK' yang notabene menuai pro dan kontra di India sana memiliki pelajaran berharga yang bisa diambil hikmahnya.


19. Rani Mukerji merupakan salah satu aktris yang tidak takut bermain dalam film dengan tema yang tabu dan menimbulkan kontroversi.
Menurutku istri dari produser Aditya Chopra ini kurang lebih sama seperti Amir Khan. Rani Mukerji suka sekali bereksperimen dalam film - film yang dibintanginya bahkan cenderung memilih film - film bertema tabu yang sering kali menuai kontroversi dan sulit untuk diterima masyarakat. Rani berani keluar dari zona aman dan tidak takut mendobrak apa yang sebenarnya menjadi tradisi. Sebut saja tema ibu pengganti dalam film 'Chori Chori Chupke Chupke', janda yang menikah lagi dalam film 'Baabul', atau perselingkuhan yang happy ending dalam 'Kabhi Alvida Na Kehna'.


20. Karakteristik Karan Johar dan Sanjay Leela Bhansali dalam film yang disutradarai masing - masing.
Karan Johar dan Sanjay Leela Bhansali merupakan Sineas top di Bollywood. Film - film yang disutradarai keduanya kebanyakan selalu nge-hits dan menjadi Box Office. Dari tangan keduanya selalu terlahir karya - karya fenomenal yang memorable dan membekas di ingatan para penonton. Tapi, jika diperhatikan baik - baik, ada perbedaan mencolok dari karya KJo dan SLB. Keduanya memiliki karakteristik yang sangat khas.
Seorang Sanjay Leela Bhansali sangat identik dengan kisah cinta klasik yang sad ending, hal itu bisa dilihat di beberapa film arahan Sanjay seperti Devdas, Bajirao Mastani, Ram Leela dan Padmavaat. Sedangkan Karan Johar justru sebaliknya. Film - film yang disutradarai Karan Johar identik dengan kisah cinta modern yang sering kali happy ending, seperti Kuch Kuch Hota Hai, Kabhi Kushi Kabhi Gham dan Kabhi Alvida Na Kehna'.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seleraku : 5 Artis Bollywood Dengan Mata Terindah

1. Aishwarya Rai Bachchan Aku selalu bertanya - tanya bagaimana bisa Aish memiliki bola mata berwarna hijau seperti itu mengingat Aish berdarah India asli? Benar - benar asli India dan bukan blasteran, tapi, lihat matanya. Berwarna Emerald dan itu bukan karena Aish memakai softlens. Aish benar - benar memiliki mata dengan warna yang sangat cantik dan indah. 2. Hrithik Roshan Bisa dibilang Hrithik ini Aishwarya versi pria karena sama - sama memiliki bola mata berwarna kehijauan. Mata Hrithik terlihat indah dan berkilau. Apalagi kalau matanya dishoot dari dekat. Wuiiiiih, aku yang ngelihat jadi klepek - klepek. Ternyata didunia bisa ada mata semacam karakter anime begitu, ya? 3. Rani Mukherji Aku heran, kenapa mata seorang Rani Mukherji bisa secerah itu? Matanya bening banget dan terlihat teduh sekaligus menenangkan. Tanpa harus memakai softlens, mata Rani sudah terlihat begitu indah dan mempesona. 4. Deepika Padukone Entah kenapa, aku merasa tatapan

Seleraku : 10 Film Terbaik Rani Mukerji

1. Kuch - Kuch Hota Hai Walaupun di film ini Rani hanya menjadi Supporting Actress, tapi, film inilah yang mampu mengangkat nama seorang Rani Mukerji menjadi seorang actress papan atas. Bahkan Rani berhasil meraih penghargaan Best Supporting Actress. Karakter Tina begitu melekat di ingatan penggemar film Bollywood. Bahkan yang membuatku menyukai seorang Rani Mukerji, ya, karena perannya sebagai Tina Malhotra yang cantik dan feminine. Pada kenyataannya Kuch - Kuch Hota Hai adalah satu satu film Rani yang paling sukses dan nggak lekang oleh waktu. Sampai sekarang saja, TV swasta kita masih sering memutar film yang bercerita tentang persahabatan Rahul dan Anjali ini. Saking seringnya, jalan ceritanya mungkin sudah kita hafal di luar kepala. Lagu - lagunyapun masih sangat enak didengarkan, nggak kalah dengan lagu dari film Bollywood terbaru. Pokoknya film satu ini adalah film wajib yang harus ditonton bagi penggemar film Bollywood. Jangan ngaku sebagai penggemar Shahrukh, Kajol dan R

Seleraku : 10 Lagu K-Pop Bertema Fantasy Dreamy Terfavorite

1. IU - You And I Melihat Music Video dan mendengar lagu IU satu ini benar - benar bisa membawaku ke dalam dunia khayalan. Story line-nya 'fantasy' banget ala - ala Sleeping Beauty. Tapi, bedanya yang tertidur adalah cowok cute dan unyu - unyu, bukan si Putri Cantik. Sumpah, Lee Hyun Woo di sini imut banget. Jadi pengen cubit - cubit pipinya, dech. Cocok banget dipasangkan dengan IU yang juga super cute. Awal nemu Music Videonya, aku sampai mutar berulang kali saking suka dengan story linenya. Entah karena apa, Lee Hyun Woo bisa sampai tertidur, koma atau mati suri. Yang jelas Hyun Woo nggak sadarkan diri dan IU tetap setia menanti Hyun Woo terbangun lagi bersama dengan si bebek pakai syal # Lucu banget, dech, itu bebek. Setelah sekian lama, IU mulai putus asa karena Hyun Woo nggak juga membuka mata hingga akhirnya IU memilih pergi dengan memakai mesin waktu bersama si bebek dengan harapan Hyun Woo akan kembali tersadar secepatnya. Yah, meskipun konsekuensinya mereka berdua