Langsung ke konten utama

Bollywood : Kisah Cinta Ala Karan Johar

Karan Johar atau yang juga dikenal dengan nama K.Jo merupakan salah satu Sineas top asal Bollywood. Kuch - Kuch Hota Hai, siapa yang tidak tahu film satu itu? Bahkan setelah 20 tahun berlalu, film yang dibintangi Shahrukh Khan tersebut masih laku dan acap kali menghiasi layar kaca. Saking ngehitsnya, Kuch - Kuch Hota Hai bisa dikatakan sebagai salah satu pionir film Bollywood bergenre romance modern, setelah sebelumnya perfilman Bollywood lebih didominasi dengan genre action dimana Inspektur Vijay selalu meraja.

Berbeda dengan gaya khas Sanjay Leela Bhansali yang identik dengan kisah cinta klasik yang sad ending, film dimana Karan Johar menjadi sutradaranya terkesan lebih ringan dan membawa angin segar. Kenapa kukatakan membawa angin segar? Itu karena rata - rata film arahan Karan Johar selalu berakhir membahagiakan. Memang tidak semuanya happy ending, tapi, kebanyakan seperti itu. Meski ada air mata dan jalan yang sedikit berliku, tapi, bisa dipastikan sang pecinta akan kembali kepada cinta sejatinya. Paling tidak, aku masih bisa tersenyum ketika melihat ending dari film tersebut.

Karan Johar memang selalu menyajikan kisah cinta modern yang bisa membuat hati siapapun yang menonton berbunga - bunga.  Feel yang kurasakan ketika menonton film besutan Karan Johar dan Sanjay Leela Bhansali juga berbeda. Ketika menyaksikan karya Sanjay Leela Bhansali, aku selalu merasa seperti sedang berada di museum dengan barang - barang antik bernilai seni tinggi maka untuk film karya Karan Johar, aku lebih merasa bebas dan seolah melihat secara langsung kehidupan masyarakat modern yang tinggal di perkotaan.

Kisah cinta yang modern dan happy ending memang lebih mendominasi untuk tiap film hasil arahan Karan Johar. Hal itu bisa kita temukan dalam film Kuch - Kuch Hota Hai, Kabhi Kushi Kabhi Gham, Kabhi Alvida Na Kehna dan My Name Is Khan. Semua pecinta di dalam film tersebut berakhir bahagia bersama dengan orang yang dicintainya. 😂Bahkan untuk sekelas pelakor dan pebinor seperti Dev dan Maya dalam film Kabhi Alvida Na Kehna pun masih kebagian ending yang membahagiakan. Memang baik hati sekali seorang Karan Johar untuk karakter - karakter yang ada di filmnya.

Selain kisah cinta modern yang berakhir dengan happy ending, hal yang seolah menjadi ciri khas lain dalam film besutan Karan Johar adalah aktor dan aktrisnya yang tak lain dan tak bukan selalu (ketika masih di eranya) Shahrukh Khan, Kajol dan Rani Mukherjee. Ketika mereka tidak menjadi tokoh utama sekalipun, penampilan mereka masih bisa dilihat entah sebagai cameo atau special appearance. 

Melihat dari jajaran aktor dan aktrisnya saja, sudah bisa ditebak yang namanya sad ending itu tidak mungkin. Ayolah, apalagi yang berperan Shahrukh Khan dan Kajol yang ibaratnya cinta sejati dalam perfilman Bollywood. 😁 Tidak akan ada siapapun yang bisa memisahkan keduanya di dalam film.

Dibandingkan Sanjay Leela Bhansali, kisah cinta dalam film karya Karan Johar memang lebih manusiawi. Ada airmata, tapi, juga membahagiakan sehingga tak selamanya seseorang menderita karena cinta. Bukan bermaksud membandingkan atau menjelekkan antara SLB dan K.Jo. Aku suka gaya keduanya. Masing - masing punya ciri khas dalam mengekspresikan apa itu cinta dalam karya mereka. Jika ingin menyaksikan kisah cinta klasik dengan latar yang lebih tradisional, silahkan tonton film dimana posisi Director dipegang SLB. Tapi, jika ingin menikmati kisah cinta modern dengan latar belakang perkotaan yang cantik, maka film karya Karan Johar bisa menjadi pilihan yang tepat.
_Cherry Sakura_

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seleraku : 5 Artis Bollywood Dengan Mata Terindah

1. Aishwarya Rai Bachchan Aku selalu bertanya - tanya bagaimana bisa Aish memiliki bola mata berwarna hijau seperti itu mengingat Aish berdarah India asli? Benar - benar asli India dan bukan blasteran, tapi, lihat matanya. Berwarna Emerald dan itu bukan karena Aish memakai softlens. Aish benar - benar memiliki mata dengan warna yang sangat cantik dan indah. 2. Hrithik Roshan Bisa dibilang Hrithik ini Aishwarya versi pria karena sama - sama memiliki bola mata berwarna kehijauan. Mata Hrithik terlihat indah dan berkilau. Apalagi kalau matanya dishoot dari dekat. Wuiiiiih, aku yang ngelihat jadi klepek - klepek. Ternyata didunia bisa ada mata semacam karakter anime begitu, ya? 3. Rani Mukherji Aku heran, kenapa mata seorang Rani Mukherji bisa secerah itu? Matanya bening banget dan terlihat teduh sekaligus menenangkan. Tanpa harus memakai softlens, mata Rani sudah terlihat begitu indah dan mempesona. 4. Deepika Padukone Entah kenapa, aku merasa tatapan

Seleraku : 10 Film Terbaik Rani Mukerji

1. Kuch - Kuch Hota Hai Walaupun di film ini Rani hanya menjadi Supporting Actress, tapi, film inilah yang mampu mengangkat nama seorang Rani Mukerji menjadi seorang actress papan atas. Bahkan Rani berhasil meraih penghargaan Best Supporting Actress. Karakter Tina begitu melekat di ingatan penggemar film Bollywood. Bahkan yang membuatku menyukai seorang Rani Mukerji, ya, karena perannya sebagai Tina Malhotra yang cantik dan feminine. Pada kenyataannya Kuch - Kuch Hota Hai adalah satu satu film Rani yang paling sukses dan nggak lekang oleh waktu. Sampai sekarang saja, TV swasta kita masih sering memutar film yang bercerita tentang persahabatan Rahul dan Anjali ini. Saking seringnya, jalan ceritanya mungkin sudah kita hafal di luar kepala. Lagu - lagunyapun masih sangat enak didengarkan, nggak kalah dengan lagu dari film Bollywood terbaru. Pokoknya film satu ini adalah film wajib yang harus ditonton bagi penggemar film Bollywood. Jangan ngaku sebagai penggemar Shahrukh, Kajol dan R

Seleraku : 10 Lagu K-Pop Bertema Fantasy Dreamy Terfavorite

1. IU - You And I Melihat Music Video dan mendengar lagu IU satu ini benar - benar bisa membawaku ke dalam dunia khayalan. Story line-nya 'fantasy' banget ala - ala Sleeping Beauty. Tapi, bedanya yang tertidur adalah cowok cute dan unyu - unyu, bukan si Putri Cantik. Sumpah, Lee Hyun Woo di sini imut banget. Jadi pengen cubit - cubit pipinya, dech. Cocok banget dipasangkan dengan IU yang juga super cute. Awal nemu Music Videonya, aku sampai mutar berulang kali saking suka dengan story linenya. Entah karena apa, Lee Hyun Woo bisa sampai tertidur, koma atau mati suri. Yang jelas Hyun Woo nggak sadarkan diri dan IU tetap setia menanti Hyun Woo terbangun lagi bersama dengan si bebek pakai syal # Lucu banget, dech, itu bebek. Setelah sekian lama, IU mulai putus asa karena Hyun Woo nggak juga membuka mata hingga akhirnya IU memilih pergi dengan memakai mesin waktu bersama si bebek dengan harapan Hyun Woo akan kembali tersadar secepatnya. Yah, meskipun konsekuensinya mereka berdua