Langsung ke konten utama

Seleraku : Sekilas Tentang MV f(x) dari Waktu Ke Waktu

Masih dalam rangka suka cita menyambut comeback f(x) tanggal 27 Oktober kemaren, aku jadi keinget dengan Music Video f(x) yang dulu - dulu. Yup, sekalian pengen memuntahkan segala uneg - uneg yang ada di hati terkait dengan MV f(x) yang debut sejak 2009, tapi, MV-nya bahkan bisa dihitung dengan jari. Berhubung f(x) juga cuma diberi kesempatan untuk comeback setahun hanya satu kali, maka MV f(x) itu serasa mahaaal sekali dan selalu satu - satunya. Yup, hanya ada satu MV yang notabene selalu ada di dalam kotak - kotak. Selalu seperti itu. Sebegitu nggak berharganyakah group ini sampai mendapat perlakuan seperti itu?  😭 Aku aja sempet ngiri, lho, melihat MV dari junior mereka yang baru debut, tapi, entah kenapa, MV-nya terlihat lebih 'wow' dan buanyak. Lha, siapa diriku sampai harus merasa iri? Member f(x) juga bukan. Untuk fans dari Junior yang kumaksud, aku nggak bermaksud untuk ngebash atau ngajak fanwar, ya? Mau MV f(x) dibikin gimana juga, bakalan tetap terlihat keren, kok, di mataku. Namanya juga f(x) Lover, jadi MV bagaimanapun bentuknya akan diterima dengan hati senang. Ya sudahlah, daripada aku terus mengeluh nggak karu - karuan mending aku langsung aja ke hal yang pengen aku tulis dan bahas.

1. La Cha Ta
Rilis : 1 September 2009
Biasanya, ya, Girlband yang baru debut selalu memakai konsep cute dan innocent untuk menarik simpati dan mudah dikenal (Walau nggak semuanya juga, sich? Ada juga yang dari awal memang sudah berani memakai konsep sexy and mature). Tapi, group satu ini malah nggak memakai keduanya dan justru tampil apa adanya. Jangan berharap bisa menemukan para member beraegyo ria di MV ini. Yah, walaupun dari segi manapun Sulli tetap terlihat imut, sich, soalnya ini anak memang dianugerahi wajah yang sangat baby face. Lagunya santai dan dancenya itu, lho, asik banget. Nggak ribet, tapi, nggak ngebosenin. Baik lagu maupun MV-nya sama - sama aman untuk pendengaran dan penglihatan. Ya iyalah, mana mungkin SM tega menyisipkan adegan rate M untuk group yang baru debut dimana membernya masih ada yang bocah.


2. Chocolate Love
Rilis : 7 Oktober 2009
Yup, f(x) dipercaya untuk membawakan lagu yang sama dengan SNSD dalam rangka mempromosikan New Chocolate Phone. Hanya saja bedanya, untuk lagu SNSD bergenre Retro Pop sedangkan f(x) memakai genre Electronic Pop dengan MV yang didominasi warna gelap. Sebenarnya aku agak kasihan juga, sich, melihat Sulli dan Krystal yang seperti dipaksa untuk tampil sedewasa mungkin. Ampun, dech, kedua member itu tampang bocahnya masih kelihatan banget di MV ini. Tapi, kedua bocah itu harus tampil layaknya wanita dewasa yang sexy dan elegan dalam balutan baju serba hitam. Oh ya, satu hal yang paling kuingat dari MV ini adalah 😳 Wajah Krystal yang tampak sangat mirip dengan Yuri SNSD.


3. Chu
Rilis : 9 November 2009

Fuuuh, akhirnya f(x) kembali ke habitatnya. SM nggak memaksakan f(x) untuk dewasa sebelum waktunya.  Lagu ini cute banget, dech, ala - ala bocah baru kenal cinta. Kayaknya happyyyy banget. Dancenya juga keren, energic, powerfull. Pokoknya segalanya, dech. Apalagi gerakan Vic Omma yang pakai acara salto di atas meja dan pamer gerakan split. Kasih applause dan dua jempol untuk dancenya yang luar biasa. Di masa ini, SM memang sangat bermurah hati pada f(x) karena bersedia memberikan 3 MV sekaligus di tahun yang sama, walaupun konsep MV-nya masih sangat khas SM yang selalu indoor alias dalam kotak - kotak. Oya, di MV ini tampang Krystal dan Sulli unyu - unyu banget, ya? Di MV ini juga aku mulai suka alias ngebiasin Krystal. Nggak bisa dipungkiri, adik tersayang Jessica ini memang punya wajah yang cantik dan itu udah kelihatan sejak awal debut.


4. NU ABO
Rilis : 4 Mei 2010

Di MV mereka ini, f(x) mulai menampakkan ciri khas mereka sebagai group yang selalu tampil colour full, energic dan unik. Mereka bahkan tampil dengan warna rambut yang berbeda satu sama lain. Bisa dibilang mereka idol cewek pelopor gaya rambut Ombre. Di era sekarang, gaya rambut Ombre termasuk gaya rambut yang digemari dan populer. Jujur, pertama kali kenal f(x) gegara lihat MV ini dan aku nggak langsung suka karena tampilan mereka yang terlalu nyentrik. Seperti kena hukum karma, setelah lagunya didengarkan berkali - kali, aku malah kecantol dengan lagu ini. Bukan hanya lagu, sudah pasti dancenya juga mampu bikin aku jatuh cinta. Aku paling suka dengan gerakan ala make bedak di wajah. Pokoknya dancenya mantap. Tapi, untuk orang yang nggak suka dandanan nyentrik, mungkin agak pusing lihat tampilan f(x) di MV ini. 


5. Hot Summer
Rilis : 2011

Makin ke belakang, kita akan mulai mempertanyakan siapa yang jadi Face dari f(x) karena sejak MV NU ABO, Krystal mulai kelihatan sering mendominasi. Lha, aku aja ngiranya Krystal yang jadi Face Of The Group gara - gara Krystal keseringan nangkring di posisi tengah dan selalu nyanyi part awal, nggak tahunya ternyata Sulli. Tumben, aku bisa salah tebak yang jadi Face, biasanya selalu benar, lho. Daripada MV NU ABO, aku lebih suka MV Hot Summer karena dandanan mereka nggak nyentrik dan terlihat feminine (Minus Amber yang tetap setia untuk tampil boyish). Vic, Sull dan Krys bener - bener cantik banget di sini. Tapi, ya, tetap aja yang namanya f(x) kalau tampil selalu kayak orang jualan warna. Mentereng banget warnanya dan satu lagi yang nggak berubah dari MV f(x) adalah MV-nya yang nggak pernah pakai story line. Just and only, selalu ngedance di dalam kotak - kotak plus shoot close up member satu persatu. Ada juga, sich, disorot di luar ruangan, tapi, ya, cuma sebentar. Itupun hanya bagian akhir doang. Ya sudahlah, yang penting f(x) sempat menghirup udara segar walau sebentar. Sampai sekarang, ini masih jadi salah satu lagu kesukaanku. Walaupun nggak ada adegan lari - larian di pantai atau pamer bikini, tapi, aku selalu bisa merasakan musim panas yang panas tiap kali mendengarkan lagu ini. Oh ya, kalau biasanya dance f(x) rada maskulin, nah, untuk Hot Summer, dancenya cewek banget. 😂Jadi, agak aneh lihat gerakan Amber dengan dandanannya yang layaknya cowok. 


6. Pinnochio
Rilis : 2011

Sekali dengar, pasti langsung tahu alias bisa nebak kalau yang nyanyi lagu Pinnochio sudah pasti f(x). Menurutku lagu ini memang kental dengan image f(x) yang selalu berani tampil beda dengan dandanan nyentrik (Untungnya f(x) nggak senyentrik 2Ne1, sich? Untuk fans 2Ne1, aku nggak ada maksud buruk. 2Ne1 juga keren, kok). Sebenarnya, nggak ada yang istimewa dari MV f(x) ini karena seperti biasa dan sama dengan yang sudah - sudah, MV-nya masih setia di dalam ruangan yang sudah didesain semenarik mungkin. Nggak ada story line, yang ada hanya dance dan wajah member yang dishoot satu persatu. Yang keren, tentu saja dance dan lagunya. Seperti yang sudah aku katakan di awal, sebagai pecinta f(x), bagaimanapun bentuk MV-nya tetap akan terlihat keren di mataku. Ketika melihat MV ini, aku selalu keinget dengan MV mereka terdahulu yakni Chu karena backgroundnya yang sama - sama didominasi warna biru, hitam dan putih. 


7. Electric Schok
Rilis : 2012

Seperti biasa, f(x) masih setia comeback di dalam kotak yang sudah didesain sedemikian rupa. Lagunya pun masih sangat khas f(x). Mana mungkin f(x) comeback dengan lagu ballad menyayat hati. Walaupun MV ini tergolong biasa aja, tapi, penampakan wujud membernya luar biasa cantik (lagi - lagi minus Amber yang tetap nyaman dengan gaya boyishnya). Dandanan mereka sudah mulai tebal, tapi, nggak menor. Pokoknya bedalah dengan jaman La Cha Ta atau Chu yang masih natural dan unyu - unyu. Di MV ini, aku seperti melihat 3 Tuan Putri (Vic, Krys dan Sull) dengan karakter yang berbeda. Luna juga kelihatan makin cantik. Semua cantik dan wardrobe yang dipakai juga oke. Pokoknya, aku suka dengan style f(x) dalam MV Electric Schok. Menurutku, outfit dan gaya terbaik f(x) ada di era ini. Memang cocok dah mereka jadi trendsetternya remaja. Dandanan mereka nggak pernah ngebosenin.


8. Hot Summer Japan
Rilis : 2012

Satu - satunya MV f(x) versi Jepang dan . . . Nggak ada bedanya dengan MV f(x) versi Korea. Yang membedakan hanya kostum yang dipakai, background dan tentu saja bahasa. Sudah, hanya itu saja. Selebihnya sama aja dengan Hot Summer versi Korea. Just dance, dance and dance.


9. Rum Pum Pum Pum
Rilis : 2013

Rasanya pengen ngejedukin kepala ke tembok, setelah sekian lama, SM masih belum bosan melihat penampilan f(x) di dalam box. Untuk yang kesekian kalinya, f(x) masih comeback dengan cara yang sama. Sepertinya dunia f(x) hanya sebatas berada di dalam box. Akh, sudahlah! f(x) comeback aja sudah untung daripada nggak ada sama sekali. Bersyukur saja karena itu lebih indah. Lagipula lagunya juga nggak mengecewakan banget, kok! Justru lagu comeback f(x) ini tergolong unik karena bercita rasa Bollywood. Iya, lho, rasa Bollywoodnya nendang banget. Ada gendang - gendangnya gitu. Bagi yang sudah lihat MV ini pasti bakal comment, KRYSTAL terlalu mendominasi. MV ini seperti hanya untuk Krystal dan Sulli, walaupun menurut pandanganku, lebih diperuntukkan untuk Krystal. Kapanpun dan dimanapun Krystal selalu tersorot, ditambah lagi dengan warna rambutnya yang sangat mencolok. Warna merah seolah menjadi warna wajib dalam MV ini. Dan berkat MV ini juga rok tennis jadi trend di Korea sana.


9. Red Light
Rilis : 7 Juli 2014

MV terakhir Sulli bersama f(x) ini menampilkan sesuatu yang berbeda dari MV f(x) sebelumnya. Kalau yang dulu - dulu, MV f(x) itu colour full dan ceria. Nah, yang ini lebih dark dan misterius. Mungkin f(x) ingin menampilkan sisi mereka yang lain dan memperlihatkan kalau mereka sudah semakin dewasa. f(x) memang terlihat sangar dan hot di MV ini. Sama seperti MV Rum Pum Pum Pum, di MV ini warna rambut Krystal terlihat paling mencolok dari yang lain. Tapi, untungnya part permember hampir sama rata dan nggak hanya menonjolkan satu member. 


10. 4 Walls
Rilis : 27 Oktober 2015
Setelah hiatus setahun lebih dan ditinggalkan oleh Sulli, f(x) resmi comeback dengan 4 member. Dan aku sempat nggak percaya dengan lagu comeback f(x) kali ini. Bukan karena lagunya jelek dan memang bukan itu alasan kenapa aku agak aneh dengan lagu baru f(x) ini. Hanya saja, lagu yang dibawakan f(x) kali ini benar - benar bukan tipe lagu yang melekat dengan image f(x) selama ini. Sesaat ketika mendengar 4 Walls, aku berasa seperti mendengar lagu dari group lain. Untungnya, vocal Luna dan Krystal menyadarkanku kalau lagu ini benar lagu f(x). Untuk comeback f(x) kali ini, aku harus berterima kasih pada SM karena sudah berbaik hati membiarkan f(x) shooting di luar ruangan. Akhirnya mereka semua benar - benar bisa menghirup udara bebas. Bukan hanya itu saja, untuk pertama kalinya MV f(x) mempunyai story line. Walaupun jalan cerita MV ini memang agak rumit untuk dimengerti, tapi, itu sangat - sangat keren. Yaah, aku happy karena f(x) berhasil comeback setelah semua masalah yang menimpa mereka. Aku suka karena mereka berani memakai konsep baru. Satu hal yang membuatku masih kecewa, karena sesuai dengan perkiraanku, f(x) hanya akan comeback dengan satu MV. Yap, hanya satu MV setelah satu tahun lebih f(x) vakum dan itu rasanya nggak cukup. Akh, sudahlah! Yang penting f(x) comeback, yeeeey. Semoga tahun depan, f(x) masih akan berkarya bersama dan mengeluarkan album yang lebih 'wow' lagi.  


11. All Mine
Rilis : 22 Juli 2016
Yeeeeh, akhirnya ada juga penampakan f(x) dengan member lengkap setelah hampir setahun ini member f(x) lebih sering tampil sendiri karena lebih fokus dengan kegiatan individu. Kalau dulu, sich, bulan - bulan begini memang jadwal untuk f(x) comeback, tapi, berhubung tahun kemaren f(x) memang comebacknya agak lamaan, jadi nggak heran kalau sampai sekarang f(x) masih belum comeback juga. Tapi, untungnya untuk proyek SM Station kali ini diwakili oleh f(x). Girang banget, dech, karena f(x)-lah group pertama yang tampil dalam proyek SM Station setelah sebelumnya yang tampil selalu Idol baik itu solo atau duet. Lagipula, single f(x) ini bisa jadi obat rindu untuk para MeU yang sudah kangen dengan karya baru f(x). Meskipun MV-nya bisa dibilang murah banget karena hanya modal kamera yang ngeshoot para member f(x) semacam video dokumentasi aja, tapi, hasilnya tetap keren, kok! # Efek bosan dengan MV yang cuma ada dalam kotak - kotak. Di MV f(x) ini para member f(x) terlihat ceria dan happy. Bahkan Krystal yang di tiap MV f(x) selalu terlihat dingin dan judes kali ini nggak pelit pamer senyum. Akhirnya, setelah sekian lama aku bisa kembali melihat wajah happy seorang Krystal yang tersenyum ceria. Baru di MV ini, lho, Krystal kelihatan happy begitu. Kayaknya Amber cocok kerja di belakang layar dan jadi sutradara mengingat MV f(x) kali ini disutradari sendiri oleh Amber. Hasilnya sama sekali nggak mengecewakan. Lagunya juga asyik. f(x) memang pas banget dan cocok ngebawain lagu - lagu bergenre EDM.

_Cherry Sakura_

Komentar

  1. Admin, bukannya Red Light juga punya storyline walau cuma singkat n sedikit y :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup. . . Story Line-nya nggak terlalu ditonjolin dan perlu pemikiran untuk memahami maksudnya. . .

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seleraku : 5 Artis Bollywood Dengan Mata Terindah

1. Aishwarya Rai Bachchan Aku selalu bertanya - tanya bagaimana bisa Aish memiliki bola mata berwarna hijau seperti itu mengingat Aish berdarah India asli? Benar - benar asli India dan bukan blasteran, tapi, lihat matanya. Berwarna Emerald dan itu bukan karena Aish memakai softlens. Aish benar - benar memiliki mata dengan warna yang sangat cantik dan indah. 2. Hrithik Roshan Bisa dibilang Hrithik ini Aishwarya versi pria karena sama - sama memiliki bola mata berwarna kehijauan. Mata Hrithik terlihat indah dan berkilau. Apalagi kalau matanya dishoot dari dekat. Wuiiiiih, aku yang ngelihat jadi klepek - klepek. Ternyata didunia bisa ada mata semacam karakter anime begitu, ya? 3. Rani Mukherji Aku heran, kenapa mata seorang Rani Mukherji bisa secerah itu? Matanya bening banget dan terlihat teduh sekaligus menenangkan. Tanpa harus memakai softlens, mata Rani sudah terlihat begitu indah dan mempesona. 4. Deepika Padukone Entah kenapa, aku merasa tatapan

Seleraku : 10 Film Terbaik Rani Mukerji

1. Kuch - Kuch Hota Hai Walaupun di film ini Rani hanya menjadi Supporting Actress, tapi, film inilah yang mampu mengangkat nama seorang Rani Mukerji menjadi seorang actress papan atas. Bahkan Rani berhasil meraih penghargaan Best Supporting Actress. Karakter Tina begitu melekat di ingatan penggemar film Bollywood. Bahkan yang membuatku menyukai seorang Rani Mukerji, ya, karena perannya sebagai Tina Malhotra yang cantik dan feminine. Pada kenyataannya Kuch - Kuch Hota Hai adalah satu satu film Rani yang paling sukses dan nggak lekang oleh waktu. Sampai sekarang saja, TV swasta kita masih sering memutar film yang bercerita tentang persahabatan Rahul dan Anjali ini. Saking seringnya, jalan ceritanya mungkin sudah kita hafal di luar kepala. Lagu - lagunyapun masih sangat enak didengarkan, nggak kalah dengan lagu dari film Bollywood terbaru. Pokoknya film satu ini adalah film wajib yang harus ditonton bagi penggemar film Bollywood. Jangan ngaku sebagai penggemar Shahrukh, Kajol dan R

Seleraku : 10 Lagu K-Pop Bertema Fantasy Dreamy Terfavorite

1. IU - You And I Melihat Music Video dan mendengar lagu IU satu ini benar - benar bisa membawaku ke dalam dunia khayalan. Story line-nya 'fantasy' banget ala - ala Sleeping Beauty. Tapi, bedanya yang tertidur adalah cowok cute dan unyu - unyu, bukan si Putri Cantik. Sumpah, Lee Hyun Woo di sini imut banget. Jadi pengen cubit - cubit pipinya, dech. Cocok banget dipasangkan dengan IU yang juga super cute. Awal nemu Music Videonya, aku sampai mutar berulang kali saking suka dengan story linenya. Entah karena apa, Lee Hyun Woo bisa sampai tertidur, koma atau mati suri. Yang jelas Hyun Woo nggak sadarkan diri dan IU tetap setia menanti Hyun Woo terbangun lagi bersama dengan si bebek pakai syal # Lucu banget, dech, itu bebek. Setelah sekian lama, IU mulai putus asa karena Hyun Woo nggak juga membuka mata hingga akhirnya IU memilih pergi dengan memakai mesin waktu bersama si bebek dengan harapan Hyun Woo akan kembali tersadar secepatnya. Yah, meskipun konsekuensinya mereka berdua