Langsung ke konten utama

Siccin : Belajar Dari Film

1 Maret 2019, awal bulan sekaligus akhir pekan. Waktunya untuk berleha - leha sembari menonton film sepuasnya😀. Berhubung diriku anak rumahan yang tidak suka kelayapan di jalan, akhirnya sepanjang hari diisi dengan menonton film. Dan aku memilih film Siccin 1 - 4 untuk menemani hariku.

Sumpah, film horror asal Turki ini benar - benar keren. Kalau ditanya di antara ke empat film lebih suka yang mana, jelas aku lebih memilih Siccin 1 dan 2 karena plotnya tidak bisa ditebak dan memiliki twist ending yang sempurna. Entah kenapa makin ke belakang, plotnya mulai biasa saja dan bisa ditebak. Ketika menonton Siccin 3 dan 4, kita seperti sudah tahu arahnya ke mana dan sudah tidak kaget lagi dengan endingnya.

Aku paling suka film horror model begini. Film horror yang bisa mengingatkan kepada Tuhan. Film yang punya nilai moral. Film horror yang bukan esek - esek dan hanya bisa pamer bikini. Film horror yang bisa mengajak kita untuk berpikir.

Setiap kali menonton film Siccin mulai dari pertama sampai ke empat (aku belum nonton Siccin ke lima), kita akan dibuat ingat bagaimana mengerikannya akibat yang akan diterima ketika kita meminta pertolongan selain kepada Tuhan dan kenapa syirik itu bisa menjadi dosa yang tidak terampuni karena apapun yang diminta kepada selain Tuhan tidak akan pernah berakhir baik. Dan apa yang menjadi larangan Tuhan sudah pasti ada sebab dan tujuannya. Itulah kenapa larangan tersebut ada.

Jangan mendekati Zina, apalagi sampai melakukannya. Begitu mengerikannya bahaya Zina karena zina bukan hanya akan membakar satu orang saja, tapi, juga akan membakar orang - orang sekelilingnya. Untuk film Siccin 1, asal muasal masalah adalah karena perselingkuhan sang suami hingga akhirnya keluarga tersebut hancur.

Melihat apa yang ada di Siccin 1, seperti itulah juga realita yang sering terjadi. Kadang kita sendiri terheran - heran ketika  melihat ada suami yang masih memilih mencari kesenangan di luar rumah padahal ia sudah memiliki istri yang baik dan setia juga keluarga yang bahagia. Kurang apa lagi? Bukankah seharusnya sang suami bisa bersyukur? Tapi, nyatanya syetan selalu bisa menghiasi kemaksiatan dengan hal - hal indah yang membutakan mata.

Dan untuk para pelakor, apa gunanya berusaha merebut milik orang lain? Untuk apa melakukan segala cara hanya demi bisa berbahagia diatas penderitaan orang lain? Jangan sampai kita sebagai wanita melakukan hal yang bisa menyakiti wanita lain karena apa yang akan kita lakukan, baik atau buruk, pasti akan kembali ke diri kita sendiri.

Hal yang paling menarik dari film Siccin ini juga adalah karena tiap filmnya memiliki masalah yang kompleks. Tiap karakter memiliki masalah dan sayangnya, para karakter tersebut memilih menyelesaikan masalah dengan cara yang salah kepada orang yang salah.

Janganlah mendekati Zina. Salah satu karakter dalam film Siccin melakukan zina dan akhirnya anak, istri dan ibu yang tidak tahu apa - apa terkena imbasnya. Jangan meminta kepada selain Allah, karakter yang lain meminta pertolongan pada dukun dan jin. Apa ia berhasil mendapatkan apa yang ia mau? Tidak. Ia bahkan menuai kembali keburukan itu untuk dirinya sendiri.

Jangan biarkan penyakit hati seperti iri dan dengki menguasai hati karena itu hanya akan menyakiti diri sendiri. Tiap orang memiliki bahagianya sendiri, sedihnya sendiri, masalah sendiri, jadi tidak perlu berharap hidup kita akan sama seperti orang lain. Lalu ikhlaskanlah apa yang seharusnya pergi. Ada beberapa karakter yang tidak ikhlas dengan kepergian dari orang terkasih, hidupnya lalu menjadi hilang arah. Padahal sebenarnya, ia masih memiliki Tuhan yang selalu bersamanya. 

Dan ketika kita membenci seseorang, biarlah Tuhan yang membalasnya. Tidak perlu mengotori tangan kita untuk membalas perbuatan jahat tersebut dengan perbuatan jahat. Karena kita bukan Hakim yang bisa menentukan seseorang bersalah dan tidak pernah punya hak untuk menghukumnya. Biarlah tangan Tuhan yang bergerak karena Tuhan-lah satu - satunya hakim maha adil.

_Cherry Sakura_


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seleraku : 5 Artis Bollywood Dengan Mata Terindah

1. Aishwarya Rai Bachchan Aku selalu bertanya - tanya bagaimana bisa Aish memiliki bola mata berwarna hijau seperti itu mengingat Aish berdarah India asli? Benar - benar asli India dan bukan blasteran, tapi, lihat matanya. Berwarna Emerald dan itu bukan karena Aish memakai softlens. Aish benar - benar memiliki mata dengan warna yang sangat cantik dan indah. 2. Hrithik Roshan Bisa dibilang Hrithik ini Aishwarya versi pria karena sama - sama memiliki bola mata berwarna kehijauan. Mata Hrithik terlihat indah dan berkilau. Apalagi kalau matanya dishoot dari dekat. Wuiiiiih, aku yang ngelihat jadi klepek - klepek. Ternyata didunia bisa ada mata semacam karakter anime begitu, ya? 3. Rani Mukherji Aku heran, kenapa mata seorang Rani Mukherji bisa secerah itu? Matanya bening banget dan terlihat teduh sekaligus menenangkan. Tanpa harus memakai softlens, mata Rani sudah terlihat begitu indah dan mempesona. 4. Deepika Padukone Entah kenapa, aku merasa tatapan

Seleraku : 10 Film Terbaik Rani Mukerji

1. Kuch - Kuch Hota Hai Walaupun di film ini Rani hanya menjadi Supporting Actress, tapi, film inilah yang mampu mengangkat nama seorang Rani Mukerji menjadi seorang actress papan atas. Bahkan Rani berhasil meraih penghargaan Best Supporting Actress. Karakter Tina begitu melekat di ingatan penggemar film Bollywood. Bahkan yang membuatku menyukai seorang Rani Mukerji, ya, karena perannya sebagai Tina Malhotra yang cantik dan feminine. Pada kenyataannya Kuch - Kuch Hota Hai adalah satu satu film Rani yang paling sukses dan nggak lekang oleh waktu. Sampai sekarang saja, TV swasta kita masih sering memutar film yang bercerita tentang persahabatan Rahul dan Anjali ini. Saking seringnya, jalan ceritanya mungkin sudah kita hafal di luar kepala. Lagu - lagunyapun masih sangat enak didengarkan, nggak kalah dengan lagu dari film Bollywood terbaru. Pokoknya film satu ini adalah film wajib yang harus ditonton bagi penggemar film Bollywood. Jangan ngaku sebagai penggemar Shahrukh, Kajol dan R

Seleraku : 10 Lagu K-Pop Bertema Fantasy Dreamy Terfavorite

1. IU - You And I Melihat Music Video dan mendengar lagu IU satu ini benar - benar bisa membawaku ke dalam dunia khayalan. Story line-nya 'fantasy' banget ala - ala Sleeping Beauty. Tapi, bedanya yang tertidur adalah cowok cute dan unyu - unyu, bukan si Putri Cantik. Sumpah, Lee Hyun Woo di sini imut banget. Jadi pengen cubit - cubit pipinya, dech. Cocok banget dipasangkan dengan IU yang juga super cute. Awal nemu Music Videonya, aku sampai mutar berulang kali saking suka dengan story linenya. Entah karena apa, Lee Hyun Woo bisa sampai tertidur, koma atau mati suri. Yang jelas Hyun Woo nggak sadarkan diri dan IU tetap setia menanti Hyun Woo terbangun lagi bersama dengan si bebek pakai syal # Lucu banget, dech, itu bebek. Setelah sekian lama, IU mulai putus asa karena Hyun Woo nggak juga membuka mata hingga akhirnya IU memilih pergi dengan memakai mesin waktu bersama si bebek dengan harapan Hyun Woo akan kembali tersadar secepatnya. Yah, meskipun konsekuensinya mereka berdua