Langsung ke konten utama

Identik : Hal - Hal Yang Selalu Ada Dalam Sinetron, KDrama, Telenovela

Hal Yang Selalu Ada Dalam Drama Korea

1. Cerita atau tema ala Cinderella
Perhatikan drama - drama Korea yang pernah booming. Rata-rata temanya ala Cinderella dimana si tokoh utama pria yang kaya raya jatuh cinta pada wanita biasa yang ujung-ujungnya menjadi konflik karena keluarga si pria tidak merestui alias menentang keras.
Contoh :
* Gu Jun Pyo (Lee Min Hoo) & Geum Jan Di (Go Hye Sun) di 'Boys Before Flower'.
* Kim Tan (Lee Min Hoo) & Cha Eun Sang (Park Shin Hye) di 'The Heirs'.
* Kim Ju Woon (Hyun Bin) & Gil Ra Im (Ha Ji Woon) di 'Secret Garden'.


2. Second Lead Male selalu berhati malaikat
Ini, nich, yang sering bikin aku sakit hati dan gregetan. Si Second Lead Male kelewat baik terhadap Lead Female walau pada akhirnya selalu berakhir dengan patah hati karena tidak peduli sebaik apapun Second Lead Male ini, si Lead Female selalu akan lebih memilih sang Lead Male.
Contoh :
* Kang Shin Woo (Jung Yong Hwa) di 'You Are Beautiful'.
* Joon Ji Hoo (Kim Hyun Joong) di 'Boys Before Flower'.
* Han Tae Suk (Won Bin) di 'Endless Love'.


3. Kaum 'ibu' selalu lebih dominan.
Kalau kuperhatikan, di drama Korea yang lebih dominan dan berkuasa justru para ibu. Kaum bapak itu kadang malah tidak ada apa - apanya kalau dibandingkan dengan para ibu yang berkuasa ini. Kaum ibu ini begitu mengerikan dan terkadang bisa menjadi sumber masalah dalam drama tersebut. 
Contoh:
* Ibu Kim Ju Woon 'Secret Garden'
* Ibu Gu Jun Pyo 'Boys Before Flower'
* Ratu Insoo 'King And I'


4. Cinta pertama tidak pernah bersatu dan selalu kandas
Di 'Wild Romance', Jessica Jung merupakan cinta pertama Lee Dong Wook dan keduanya pada akhirnya berpisah. Pokoknya banyak sekali drama Korea dimana cinta pertama selalu kandas. Lihat saja drama 'After The Rainbow, My Name Is Kim Sam Soon, My Girl, Yoohee The Witch, Princess Hours dan Dream High 2'.


5. Kalau seorang Idol main drama, maka member dari grup Idol itu akan muncul sebagai cameo
Di salah satu episode 'You Are Beautiful' dimana Uee termasuk salah satu pemain, grup After School sempat muncul sebagai cameo. Begitu juga T-Ara yang sempat muncul di drama 'God Of Study' yang dibintangi Jiyeon. Berhubung di 'Boys Before Flower' yang main Kim Hyun Joong, sudah pasti yang muncul SS501.


6. Lead Male adalah orang kesepian dan mempunyai hidup yang tidak bahagia
Memang tidak semua drama Korea Lead Male-nya adalah laki-laki kesepian yang hidupnya tidak bahagia dan punya masa lalu kelam. Tapi, rata-rata aku melihat Lead Male banyak yang bertipe seperti ini. Lihat saja, Hwang Tae Kyung 'You Are Beautiful' yang tidak diakui oleh ibu kandungnya sendiri dan Pangeran Lee Shin 'Princess Hours' yang hidupnya penuh dengan kekangan dan aturan. Ada juga Moo Hyuk 'Sorry, I Love You' yang masa lalunya super menyedihkan. Sebelas dua belas dengan Moo Hyuk, Shim Gun Wook 'Bad Guy' pun mempunyai masa lalu yang tragis. Beberapa drama dimana tokoh utamanya mempunyai masa lalu kurang menyenangkan, seperti East Of Eden, A Love To Kill dan Who Are You.


7. Selalu ada barang kenangan
Barang - barang itu selalu ada di drama Korea yang lekat dengan hubungan percintaan Lead Couple.
Contoh :
* Boneka Kelinci Babi dari pasangan Hwang Tae Kyung (Jang Geun Seuk) dan Go Mi Nyu (Park Shin Hye) 'You Are Beautiful'
* Boneka Lobak dari pasangan Lee Gak / Tae Yong (Yoochun) dan Park Ha (Han Ji Min) 'Rooftop Prince'
* Bola Kaca dari pasangan Seol Gong Chan (Lee Dong Wook) dan Joo Yu Rin (Lee Dae Hee) 'My Girl'


8. Second Lead Female selalu lebih cantik dari Lead Female
Menurut penglihatan mataku, Second Lead Female ini selalu super duper cantik dari Lead Female. Walaupun lebih cantik, tapi, nasib Second Lead Female ini selalu ngenas soalnya cintanya selalu bertepuk sebelah tangan.
Contoh :
* Yoo Hye Yi (Uee After School) di 'You Are Beautiful'
* Kang Joon Hee (Jessica SNSD) di 'Wild Romance'
* Rian (Jiyeon T-Ara) di Dream High 2
* Han Yu Ri (Kim Tae Hee) di 'Stairway To Heavan'
* Princess Raa Hee (Park Min Young) di 'Princess Jamyung'


9. Kisah percintaan Second Lead Couple jauh lebih menarik dibandingkan Lead Couple
Entah kenapa di tiap drama yang pernah ku tonton, aku justru lebih menyukai Second Lead Couple daripada Lead Couple. Dari segi cerita, Second Lead Couple ini selalu memiliki keunikan tersendiri dan justru lebih menggemaskan dibandingkan Lead Couple. Second Lead Couple bahkan lebih memiliki chemystry yang lebih besar dan sukses membuatku gregetan saking gemesnya.
Contoh :
* Yoon Chanyoung (Minhyuk CN. Blue) & Lee Bona (Krystal f(x)) 'The Heirs'
* Biryeom (Gong Myung Surprise) & Mura (Krystal f(x)) 'Bride Of Water God'
* So Yi Jung (Kim Bum)dan Ga Eul (Kim So Eun) 'Boys Before Flower'
* Second Lead Couple Secret Garden


10. Salah satu pemeran selalu mempunyai binatang peliharaan
Sepertinya orang-orang Korea banyak yang pecinta binatang. Di Drama Korea selalu ada karakter yang mempunyai binatang peliharaan.
Contoh :
* Sangchoo, anjing di 'To The Beautiful You'
* Dalbong, anjing milik Lee Hyun Wook di 'My Lovely Girl'
* Jolie, anjing milik Jeremy di 'You Are Beautiful'
* Princess, kucing milik Cho Anna di 'Trouble Or Couple'
* Kura-kura di drama 'Who Are You'



Identik : 10 Hal Yang Identik Dengan Sinetron Indonesia

1. Lead Female Yang Miskin Ternyata Anak Orang Kaya.
Perhatiin, dech, hampir semua sinetron jaman dulu sampai sekarang mempunyai jalan cerita seperti itu. Si Lead Female yang awalnya sengsara lahir batin dan dicaci maki habis - habisan lantaran miskin, ternyata anak dari keluarga kaya yang entah bagaimana caranya bisa tertukar atau terbuang. Dan itu benar - benar seperti sebuah tradisi yang sama sekali tidak mengejutkan. Ambil contoh sinetron 'Putri Yang Terbuang, Putri Yang Tertukar, Cinderella dan Mawar Melati'.


2. Anak Selalu Tertukar.
Ini juga sudah jadi tema yang sangat umum dan terkadang begitu membosankan. Bagaimana bisa di tiap sinetron selalu saja ada adegan bayi tertukar? Apa sistem keamanan RS di sana begitu minim dan memprihatinkan hingga seseorang bisa menukar bayi orang lain seenak jidatnya?


3. Lead Female Selalu Berhati Malaikat, Tapi, Juga Sial.
Bayangkan saja, si Lead Female selalu mempunyai kesabaran maha dahsyat dan kebaikan hati yang laksana malaikat. Tapi, herannya si Lead Female juga selalu mengalami kesialan yang terkadang tidak ada habisnya, lengkap dengan orang yang membencinya. Heran, kan? Padahal, si Lead Female itu baik sekali. Tapi, yang benci malah datang silih berganti hanya untuk menyengsarakan si Lead Female. Bahkan saking sabarnya, si Lead Female sama sekali tidak tergerak untuk membalas si jahat yang jahatnya terkadang di luar batas kewajaran. Si Lead Female tetap pasrah menerima perlakuan jahat si antagonis tanpa melakukan apapun untuk membela diri.


4. Karakter Antagonis Yang Sejahat Iblis.
Terkadang si karakter antagonis yang ada di sinetron membuat kita menggeleng - gelengkan kepala dan mengelus dada. Sumpah, itu penjahat otaknya sudah ngalah - ngalahin psikopat dan pelaku kriminal. Apapun dilakukan hanya untuk memenuhi ambisinya dan apa yang dilakukannya selalu sukses. Sepertinya Dewi Fortuna lebih memilih berada di pihak si jahat ketimbang yang baik. Si penjahat hanya akan kalah jika sudah berada di ujung episode alias ketika sinetron itu sudah mendekati kata 'tamat'. Selebihnya, si jahatlah yang berjaya.


5. Pangkal Masalah Adalah Harta.
Nah, ini yang selalu jadi awal masalah dari sebuah sinetron. Perebutan harta yang membuat kita bergidik seram. Jangankan orang lain, lha, keluarga sendiri aja dihancurkan hanya untuk dapat warisan. Dan biasanya keluarga yang awalnya kaya raya pada akhirnya jatuh miskin karena rencana jahat si antagonis. Tapi, tenang!!! Semudah mereka jatuh miskin, semudah itu juga mereka kaya kembali.


6. Episode Yang Kelewat Panjang.
Sebenarnya inti ceritanya itu simple saja, tapi, entah kenapa selalu dibikin muter - muter hingga susah untuk menemui ujung pangkal. Kalau diikuti dari episode awal sampai episode terakhir, mungkin rambut kita yang semula hitam sudah berubah warna menjadi putih. Ada saja tema baru yang dimasukkan sebagai bahan cerita, tidak peduli walau temanya sama sekali tidak berhubungan dengan alur.


7. Selalu Ada Yang Hilang Ingatan.
Salah satu faktor penyebab kenapa episodenya jadi melanglang buana ke negeri antah berantah. Bagaimana episodenya tidak panjang kalau tiba -  tiba saja si tokoh yang baru mengetahui sebuah rahasia tiba - tiba kehilangan ingatan? Masalah yang seharusnya selesai saat itu juga akhirnya jadi merembet ke mana - mana. Dan sialnya, penyakit amnesia itu memakan waktu yang sangat lama sekali.


8. Mereka Yang Seharusnya Meninggal Tiba - Tiba  Hidup Kembali.
Pernah baca dongeng Bawang Merah Bawang Putih? Di dongeng tersebut  diceritakan kalau ibu Bawang Putih meninggal. Seharusnya seperti itu, tapi, sinetron Bawang Merah Bawang Putih dengan indahnya mengubah jalan cerita. Si Ibu yang meninggal ternyata masih hidup. Aneh bin Ajaib. Hanya sinetron yang mampu menciptakan manusia yang punya nyawa laksana kucing. Mati, hidup, begitu saja terus sampai kiamat.


9. Tokoh Yang Meninggal Memiliki Kembaran.
Ada kalanya si tokoh utama benar - benar diceritakan meninggal. Tapi, entah dari mana asalnya tiba - tiba saja si tokoh yang meninggal itu ternyata memiliki kembaran. Nah, ketika si kembaran itu muncul bisa dipastikan jalan cerita masih akan terus berlanjut tiada akhir. Sebut saja karakter Robby di sinetron 'Liontin' yang diceritakan meninggal. Eeeh, tidak disangka tiba - tiba seseorang berwajah mirip Robby muncul dan akhirnya karakter yang diperankan Rionaldo hidup kembali. Begitu juga dengan Melati yang diperankan Chelsea Olivia di sinetron 'Melati Untuk Marvel', Melati yang meninggal lalu digantikan Jasmine yang juga diperankan Chelsea.

10. Music Background Yang Maha Dahsyat.
Ketika anda mendengar suara petir atau suara maha dahsyat lainnya, sudah bisa dipastikan kalau yang sedang ditonton itu adalah Sinetron Indonesia. Tidak perlu repot - repot melihat, hanya dengan mendengar suaranya saja kita bisa tahu kapan si jahat muncul dengan mata melotot. Bahkan suara musicnya saja sudah cukup seram tanpa kita harus melihat adegan penganiayaan si tokoh protagonis.

Nb : = _ = Sebenarnya aku benci sinetron dan selalu sakit kepala hanya dengan mendengar suaranya saja, tapi, ucapkan terima kasih pada orang - orang sekitarku yang entah kenapa selalu setia menyaksikan sinetron beratus episode hingga mau tidak mau, aku tahu jalan ceritanya seperti apa. Dan itu benar - benar cobaan yang maha dahsyat.



Persamaan Telenovela & Sinetron Indonesia


1. Tema dan alur cerita 


Perhatikan, dech, sinetron dan telenovela yang ada. Rata - rata memiliki tema dimana tokoh utama perempuannya adalah orang miskin, tapi, wajahnya cantik luar biasa yang kemudian jatuh cinta pada seorang pria kaya raya. Dan sialnya, ibu dari pria kaya raya itu selalu jahat seperti singa yang selalu melotot dan siap menerkam alias menyiksa si gadis miskin. Tapi, beruntungnya, si gadis miskin itu ternyata adalah anak orang kaya yang terbuang atau tiba - tiba mendapat kekayaan entah dari mana dan si gadis berubah drastis.
Contoh telenovela dengan tema seperti ini : Marimar, Maria Marcedes, Rosalinda, Esmeralda dan kawan - kawan yang tidak mungkin disebutkan satu persatu. Sedangkan dari pihak sinetron Indonesia, ada Cinderella, Putri Yang Terbuang, Hingga Akhir Waktu dan sinetron lainnya yang aku tidal hapal judulnya.



2. Tokoh Antagonis Yang Terlalu Banyak

Sumpah, di sinetron ataupun telenovela, entah kenapa antara karakter baik dan jahat benar- benar tidak seimbang. Karakter baik hanya segelintir sedangkan penjahatnya bisa ada satu kampung. Ambil contoh karakter antagonis di Telenovela 'Rosalinda', ada Valeria sang ibu Fernando Jose yang super jahat dan Fedra yang merupakan kakak angkat Rosalinda yang licik (Aku cuma ingat dua orang ini). Oh ya, di Telenovela Gabriela', hampir semua anggota keluarga Lead Maleitu jahat.
Khusus Sinetron Indonesia, ada Sinetron 'Bidadari' yang penjahatnya datang silih berganti, mulai dari Ibu dan Saudara tiri Lala, kedatangan Helen (Nia Ramadhani) sampai dengan kemunculan Jessica (Gracia Indri).



3. Episode yang terlalu panjang


Kalau diikuti dari episode awal sampai akhir, rasanya aku bisa semaput atau mungkin rambutku yang semula hitam mulai memutih saking episodenya yang luar biasa panjang. Tapi, sepanjang - panjangnya telenovela, belum ada yang mampu menyaingi sinetron Indonesia yang terkenal memiliki episode luar binasa panjang. Bagaimana tidak panjang, kalau sinetron itu diproduksi sampai 7 season??? Penjahatnyapun tidak insyaf - insyaf dan terus saja merencanakan hal jahat.



4. Selalu Ada Tokoh Yang Amnesia

Penyakit paling laku di telenovela ataupun sinetron sudah pasti amnesia. Entah kenapa orang - orang itu bisa begitu mudahnya hilang ingatan. Kejeduk sedikit aja sukses melenyapkan ingatan si tokoh dan hilang ingatannya itu selalu dalam jangka waktu yang lumayan lama.
Tokoh di Telenovela yang sempat hilang ingatan : Gustavo di 'Luz Maria', Maria di 'Maria Cinta Yang Hilang', Rosalinda di 'Rosalinda', dan Reina di 'Reina'.
Kalau Sinetron Indonesia, karakter yang hilang ingatan lebih banyak lagi. Dalam satu sinetron bisa bergantian yang hilang ingatan, seperti 'Cinta Fitri, Binar Bening Berlian, Putri Yang Tertukar dan Doaku Harapanku'.



5. Perebutan Harta

Rasanya tidak afdhal kalau di Sinetron ataupun telenovela tidak ada yang namanya rebutan harta. Rata - rata yang jadi penjahat itu selalu berambisi untuk menguasai harta keluarga. Padahal kalau dilihat - lihat, hidup mereka itu sudah damai sejahtera, tapi, masih saja nafsu menguras harta keluarga untuk kepentingan pribadi.



6. Karakter Antagonis Selalu Melotot

Biasanya yang selalu melotot sampai matanya hampir mau keluar itu selalu kaum ibu. Entah kenapa setiap kali melihat si Lead Female, kaum ibu ini selalu emosi, mata melotot dan ngomong pasti pakai urat. Kalau dilihat baik - baik, benar - benartidak ada cantik - cantiknya.



7. Pria Yang Naksir Si Lead Female Selalu Baik Hati

Beruntung sekali, ya, si Lead Female selalu punya malaikat pelindung yang senantiasa menolong dari penganiayaan. Tapi, mau sebaik apa pria malaikat ini memperlakukan si Lead Female, pada akhirnya Lead Female tersebut hanya menganggap si pria malaikat sebagai sahabat. Kalau Sinetron Indonesia, sich, biasanya si pria malaikat ini pasti akan berubah menjadi jahat gara - gara keseringan ditolak dan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan si Lead Female.



8. Wanita Yang Naksir Si Lead Male Selalu Berhati Durjana


Nah, kalau ada pria malaikat, karakter satu ini selalu menjadi wanita berhati iblis yang tidal segan melakukan apapun untuk menyingkirkan si Lead Female demi bisa mendapatkan pujaan hati. Jahatnya juga kadang diluar akal sehat manusia. Kalau aku yang berada di posisi wanita ini, mungkin aku sudah menyerah dari jaman dahulu kala daripada harus menyiksa seseorang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seleraku : 5 Artis Bollywood Dengan Mata Terindah

1. Aishwarya Rai Bachchan Aku selalu bertanya - tanya bagaimana bisa Aish memiliki bola mata berwarna hijau seperti itu mengingat Aish berdarah India asli? Benar - benar asli India dan bukan blasteran, tapi, lihat matanya. Berwarna Emerald dan itu bukan karena Aish memakai softlens. Aish benar - benar memiliki mata dengan warna yang sangat cantik dan indah. 2. Hrithik Roshan Bisa dibilang Hrithik ini Aishwarya versi pria karena sama - sama memiliki bola mata berwarna kehijauan. Mata Hrithik terlihat indah dan berkilau. Apalagi kalau matanya dishoot dari dekat. Wuiiiiih, aku yang ngelihat jadi klepek - klepek. Ternyata didunia bisa ada mata semacam karakter anime begitu, ya? 3. Rani Mukherji Aku heran, kenapa mata seorang Rani Mukherji bisa secerah itu? Matanya bening banget dan terlihat teduh sekaligus menenangkan. Tanpa harus memakai softlens, mata Rani sudah terlihat begitu indah dan mempesona. 4. Deepika Padukone Entah kenapa, aku merasa tatapan

Seleraku : 10 Film Terbaik Rani Mukerji

1. Kuch - Kuch Hota Hai Walaupun di film ini Rani hanya menjadi Supporting Actress, tapi, film inilah yang mampu mengangkat nama seorang Rani Mukerji menjadi seorang actress papan atas. Bahkan Rani berhasil meraih penghargaan Best Supporting Actress. Karakter Tina begitu melekat di ingatan penggemar film Bollywood. Bahkan yang membuatku menyukai seorang Rani Mukerji, ya, karena perannya sebagai Tina Malhotra yang cantik dan feminine. Pada kenyataannya Kuch - Kuch Hota Hai adalah satu satu film Rani yang paling sukses dan nggak lekang oleh waktu. Sampai sekarang saja, TV swasta kita masih sering memutar film yang bercerita tentang persahabatan Rahul dan Anjali ini. Saking seringnya, jalan ceritanya mungkin sudah kita hafal di luar kepala. Lagu - lagunyapun masih sangat enak didengarkan, nggak kalah dengan lagu dari film Bollywood terbaru. Pokoknya film satu ini adalah film wajib yang harus ditonton bagi penggemar film Bollywood. Jangan ngaku sebagai penggemar Shahrukh, Kajol dan R

Seleraku : 10 Lagu K-Pop Bertema Fantasy Dreamy Terfavorite

1. IU - You And I Melihat Music Video dan mendengar lagu IU satu ini benar - benar bisa membawaku ke dalam dunia khayalan. Story line-nya 'fantasy' banget ala - ala Sleeping Beauty. Tapi, bedanya yang tertidur adalah cowok cute dan unyu - unyu, bukan si Putri Cantik. Sumpah, Lee Hyun Woo di sini imut banget. Jadi pengen cubit - cubit pipinya, dech. Cocok banget dipasangkan dengan IU yang juga super cute. Awal nemu Music Videonya, aku sampai mutar berulang kali saking suka dengan story linenya. Entah karena apa, Lee Hyun Woo bisa sampai tertidur, koma atau mati suri. Yang jelas Hyun Woo nggak sadarkan diri dan IU tetap setia menanti Hyun Woo terbangun lagi bersama dengan si bebek pakai syal # Lucu banget, dech, itu bebek. Setelah sekian lama, IU mulai putus asa karena Hyun Woo nggak juga membuka mata hingga akhirnya IU memilih pergi dengan memakai mesin waktu bersama si bebek dengan harapan Hyun Woo akan kembali tersadar secepatnya. Yah, meskipun konsekuensinya mereka berdua